About Stema Fasilitas Aktivitas Forum Gallery Karir Online App.

Web Explorer

 open all | close all

Users Online
Guests Online: 2
No Members Online

Registered Members: 1
Unactivated Members: 0
Newest Member: stellama


Sejarah | Visi dan Misi | Struktur Organisasi
Sejarah Berdirinya Sekolah Stella Maris


Berbicara tentang sejarah Sekolah Stella Maris sejatinya tak terpisahkan dari perbincangan kita seputar keberadaan Stasi Teluk Gong. Sementara Stasi Teluk Gong pada saat itu, merupakan satu kesatuan dengan gereja Paroki Stella Maris Pluit, Jakarta Utara. Dengan begitu, Sekolah Stella Maris, Stasi Teluk Gong yang kini berkembang menjadi Paroki St.Philipus Rasul dan Paroki Stella Maris Pluit memiliki riwayat kelahiran yang saling terkait.

Adalah awal tahun 1974, di jalan jembatan III berdiri sebuah bangunan darurat yang dikenal sebagai bangunan Gereja Paroki Sang Penebus. Ketika itu Pastor Karl Staudinger S.J seringkali menyaksikan banyak anak-anak bermain didepan pagar gereja, Anak-anak itu tampak kurs, kototr tanpa alas kaki dan baju, terkesan tidak terurus. Spontan Sang Pastor mengundang anak-anak itu masuk ke halaman gereja. Buah pergaulannya dengan anak-anak tersebut. Pastor Karl Staudenger S.J akhirnya faham kalu mereka berasal dari keluarga pekerja buruh dengan tingkat ekonomi yang memprihatinkan.
Tergerak oleh rasa iba dan cinta yang meluap-luap, timbullah prakarsa dalam diri Pastor Karl Staudenger S.J. untuk mendirikan sebuah tempat penitipan anak. Kelak tempat itulah yang dikenal sebagai Balai Balita Alita. Balai Balita Alita ini dibuka setiap hari kerja dari pukul 07.00 s/d 17.00 WIB. Ditempat ini anak-anak diberikan makanan bergizi dan kesehatan mereka pun mulai terjaga. Tak pelak lagi, kehadiran Balai Balita Alita sungguh menorehkan kebahagiaan bagi masyarakat sekitarnya.

Keberhasilan Pastor Karl Staudenger S.J saat itu, tidak terlepas dari jasa-jasa ibu Flora Hendrata , Ibu Kitty Tjahjadi, Ibu Evie Djoersa dan Ibu Anne Handoyo yang dengan gigih dan hati mulia, bekerja tekun dan sukarela mengumpulkan dana maupun barang-barang keperluan Balai Balita. Bersamaa-sama ibu-ibu tersebut, tak terlupakan pula jasa besar Dr.Hendra yang bekerja keras menjaga kesehatan anak-anak di Balai Balita.

Tahun 1975, lokasi gereja Paroki Sang Penebus yang juga merupakan lokasi Balai Balita Alita terkena pembebasan tanh, lantas Balai Balita Alita dipindahkan ke Jalan C Teluk Gong, meminjam bekas Rumah Bersalin milik Suster Kwee. Sementara gereja Paroki Sang Penebus dipindahkan ke Pluit. Saat itu pula gereja Paroki Sang Penebus di ubah namanya menjadi Paroki Stella Maris. Selanjutnya, melihat perkembangan umat di Stasi Teluk Gong demikian pesat yang nota bene semakin meningkat pula kebutuhan akan Layanan Balita Alita maka Dewan Paroki Stella Maris memutuskan membangun Balai Balita Alita di tanah kavling kosong di JL.Lele tempat Sekolah Stella Maris berdiri sekarang ini pada tahun 1978. Pada masa-masa itu tidak dapat dilupakan jasa dari Kepengurusan Ibu-ibu yang dengan sukarela menyediakan waktu dan tenaga agar sekolah dapat berjalan dengan baik. Sebutlah antara lain : Ibu Sumarto Kolopaking, Ibu Hasan Basri, Ibu Ciscaa Harlan. Ibu Lena Wijaya, Ibu Cicilai Tiomena, Ibu Theresia Roeswan Hadi, Ibu Elisabeth Taslim.

Pada tahun 1982 Balai Balita Alita dikembangkan menjadi sebuah Taman Kanak-kanak yang sekarang kita kenal dengan TK Stella Maris. Sekolah Dasar (SD) Stella Maris sekaligus dibuka pada tahun itu juga. Dalam hal ini tak terlupakan besarnya Rahmat Tuhan dan kerja keras Pastor Yohhanes Casonato S.X dibantu Bapak Hasan Basri dalam mewujudkan sebuah gedung sekolah TK dan SD yang permanen. Dan untuk menangani TK, SD Stella Maris secara lebih khusus didatangkanlah seorang Pastor Pakar Pendidikan yang tak lain adalah Pastor Suryo Prayogo S.X. Dari tangan beliaulah “ TRILOGI” Sekolah Stella Maris yang dikenal dengan “KESITU”, singkatan dari Kebersihan, Disiplin dan Bermutu berasal. Trilogi “ KESITU” itu hingga kini masih tetap terpajang megah di tembok gedung SMP dan SMA Stella Maris sekaligus tetap menjadi butir-butir keutamaan yang terus menerus dicanangkan. Harus kita catat pula, pada masa kepemimpinan Partor Suryo Prayogo. S.X inilah sebuah gedung berlantai empat berhasil dibangun dan diresmikan pada tanggal 20 Oktober 1991. Gedung itu kini kita kenal gedung SMP dan SMA Stella Maris. Tongkat Kepemimpinan Pengurus Yayasan kemudian beralih kepada Pastor Wlliy Malim Batuah CDD, Ketua Kongregasi CDD kala itu hingga 1996.

Berhubung kesibukan Pastor Willy Batuah CDD terus meningkat sehingga tidak memungkinkan beliau untuk bolak balik Malang – Jakarta serta diperlukannya pembenahan secara global menyusul meninggalnya salah seorang staff Yayasan yakni Bapak Boen Kap Soei, maka diterbitkanlah Surat Keputusan Pajabat Ketua Yayasan No.8/PGDP/YAY/II/96 tanggal 26 Maret 1996 oleh Pastor Agustinus Lie CDD selaku Pastor Paroki St.Philipus Rasul dengan tujuan agar diadakannya Restruktur - Organisasi secara menyeluruh. Dan terpilihlah Kepemimpinan baru.
Formasi Kepengurusan Yayasan berdasarkan surat Keputusan tersebut adalah :

Ketua : Bapak Pius Chandra
Wakil Ketua : Bruder Yoseph Tondang Tumijo CDD
Sekretaris : Sukardiono
Bendahara : Marcellinus Ferryanto
Anggota : Bapak FX. Supardix

Kurang lebih delapan bulan kemudian terjadi lagi perubahan susunan Pengurus Yayasan yang dituangkan melalui Surat Keputusan No.25/PGDP/YAY/XI/96 tertanggal 1 November 1996. Susuanan Pengurus Yayasan Baru yang diangkat sesuai dengan Surat Keputusan tersebut adalah :

Ketua : Bapak Pius Chandra
Wakil Ketua : Bapak Antonius Warsono
Sekretaris : Ibu Theresia Roeswan Hadi
Bendahara : Ibu M.V Wiesnawati
Anggota : Bapak FX Supardi

Selanjutnya, setahun kemudian berdasarkan Surat Keputusan dengan No.43/PGDP/YAY/VIII/97 tanggal 21 Agustus 1997 yang diterbitkan Oleh Pastor Gabriel Luigi Antonelli, CP selaku Pastor kepala Paroki St. Philipus Rasul, terjadilah lagi perubahan kepemimpinan Yayasan Formasi terbaru tersebut tersusun sebagai berikut :

Ketua : Bapak Pius Chandra
Sekretaris : Ibu Theresia Roeswan Hadi
Bendahara : Ibu M.V Wiesnawati
Anggota : Bapak FX Supardi

Seiiring pesatnya perkembangan Paroki Santo Philipus Rasul, hal mana menimbulkan semakin meningkatpula tugas pastoral serta pelayanan Iman dari para pastor Paroki St. Philips Rasul sehingga dirasakan agak sulit memberikan perhatian yang optimal terhadap pertumbuhan Yayasan Stella Maris maka dikeluarkanlah surat keputusan No. 105/PGDP/YAY/X/99 tanggal 30 Oktober 1999 tentang Pengangkatan pengurus baru Yayaysan Stella Maris yang diharapkan akan tetap membantu para Pastor untuk memberikan perhatian khusus terhadap perkembangan Yayasan Stella Maris. Susunan pengurusan Yayasan Stella Maris berdasarkan surat keputusan tersebut sesungguhnya tidak lain adalah personil-personil Pengurus Yayasan sebelumnya yang dipandang telah sukses melakukan banyak terobosan demi memajukan Yayasan stella Maris. Lengkapnya kepengurusan Yayasan Stella Maris adalah sebagai berikut:

Ketua : Bapak Pius Chandra
Sekretaris : Ibu Theresia Roeswan Hadie
Bendahara : Ibu M.V. Wiesnawati
Anggota : Bapak FX. Supardi

Bersamaan dengan berbagai terobosan baru yang digagas oleh Pengurus Yayasan ini, tantangan demi tantangan pun silih berganti menerpa langkah mereka. Namun syukurlah semua tantangan itu tak juga mampu menyurutkan semangat kerja keras pengurus yayasan ini. Pembenahan-pembenahan vital semisal pengadaan sarana pendidikan yang memadai, pembentukan sumber daya manusia, dan peningkatan kesejahteraan guru/karyawan disertai dengan peningkatan kualitas pendidikan mulai membuahkan hasil yang membanggakan. Alhasil ketika masa tugas kepengurusan Yayasan ini berakhir, terbitlah surat keputusan No. 108/PGDP/III/00 tanggal 31 Maret 2000 tentang “ Pengangkatan Pengurus Yayasan pendidikan Stella Maris” dengan periode tugas 2000 sd 2003. Sususnan pengurus Yayasan tersebut mengalami modifikasi kepengurusan dengan suusunan sebagai berikut:

Penasihat : Pastor Paroki (PGDP) St. Philipus Rasul
Ketua : Bapak Pius Chandra
Wakil Ketua I : Bapak FX Soekatno
Wakil Ketua II : Bapak FX Supardi
Sekretaris : Bapak Robertus Sugito
Bendahara I : Ibu A.M.V. Wiesnawati
Bendahara II : Bapak Martinus Djajaprawira
Anggota : Bapak J.B. Murwadi

Susunan pengurus Yayasan ini mengalami perombakan kembali terkait pengunduran diri Bapak. J.B. Murwadi sebagai anggota Yayasan. Beliau mengundurkan diri sehubungan dengan pindahnya lokasi tempat tinggal beliau di lokasi baru di luar paroki St. Philipus Rasul. perombakan ini tertuang dalam surat PGDP paroki St. Philipus Rasul No. 113/PGDP Phiras/2000 tanggal 22 Juni 2000. Dalam hal ini ditunjuklah dua orang umat aktivis paroki St. Philipus rasul untuk ambil bagian memajukan Yayasan Stella Maris dalam kapasitasnya sebagai anggota Yayasan. Mereka adalah : Ibu. Sanny Daslim &: Bapak Budi Riyanto.

Tepatnya di bulan Agustus 2001, Bapak F.X. Soekatno (wakil ketua I) mengundurkan diri pula dari kepengurusan Yayasan Stella Maris, maka susunan pengurusan Yayasan Stella Maris periode 2000 sd 2003 tersusun sbb:

Penasihat : Pastor Paroki (PGDP) St. Philipus Rasul
Ketua : Bapak Pius Chandra
Wakil Ketua : Bapak FX Supardi
Sekretaris : Bapak Robertus Sugito
Bendahara I : Ibu A.M.V. Wiesnawati
Bendahara II : Bapak Martinus Djajaprawira
Anggota : Ibu. Sanny Daslim
Anggota : Bapak Budi Riyanto

Menyusul diberlakukannya Undang-Undang no. 16 tahun 2001 tentang pendirian sebuah Yayasan, maka terjadi lagi perubahan susunan organ yayasan sesuai dengan pencatatan Winarti Lukman-Wijaya S.H. Notaris di Jakarta pada tanggal 3 Agustus 2002 dengan formasi sebagai berikut:

Pembina :
  1. Pastor Sabinus Lohin, CP (ketua)
  2. Sthephanus Tony Harsono (Anggota
  3. Benidictus Bejo Liyanto (Anggota)
Pengawas :
  1. Paulus Jamin Tantri (ketua)
  2. Ir. Lukas Tjahjadi (Anggota)
  3. Yohanes Soekardjo (Anggota)
Pengurus :
  1. Adrianus Susanto (ketua)
  2. Bernadus Jajang Sumasta (Sekretaris)
  3. Lucia Sanny Daslim (Bendahara)
  4. Agustinus Budi Riyanto (anggota)
  5. Remiqius Muljawan Teguh (anggota)

Susunan ini mengalami perubahan kembali sesuai dengan pencatatan Winarti Lukman-Widjaja S.H. Notaris di Jakarta tertanggal 3 Agustus 2002 no. 7 menjadi sebagai berikut:

Pembina :
  1. Pastor Ligorius, CP (ketua)
  2. Daniel Oey Guan Eng (Anggota)
  3. Benidictus Bejo Liyanto (Anggota)
Pengawas :
  1. Ir. Lukas Tjahjadi (ketua)
  2. Martinus Djajaprawira (Anggota)
  3. F.X. Soekatno (Anggota)
Pengurus :
  1. Aloysius Abel Mares (Ketua)
  2. Agustinus Budi Riyanto (Sekretaris)
  3. Lucia Sanny Daslim (Bendahara)

Roda waktu bergulir cepat. Yayasan Stella Maris yang dahulu dikenal cuma sebagai balai penitipan anak itu kini telah berkembang pesat hingga menaungi empat unit belajar. Mulai dari TK, Sd, SMP, SMA dengan jumlah siswa sekitar 800 siswa dan guru/karyawan 90 orang. Dan pada Tahun 2008 sehubungan dengan berakhirnya masa pengurusan sebelumnya maka terbentuklah susunan baru Yayasan Stella Maris periode 2008 sd 2013 dengan susunan sebagai berikut:

Pembina :
    1. Pastor Antonius Tony, CP (ketua)
    2. Daniel Oey Guan Eng (Anggota)
    3. F.X. Soekatno (Anggota)
Pengawas :
    1. Pastur Yustinus Sukardi, CP (ketua)
    2. Ir. Lukas Tjahjadi (Anggota)
    3. Agnes Yinny Boen (Anggota)
Pengurus :
    1. Benidictus Bejo Liyanto, S.Pd (Ketua)
    2. Wadiyono Valens Taslim(Sekretaris)
    3. Robertus Wahyu Widayat (Bendahara)

Kini, dibawah kepemimpinan pengurus baru, Yayasan Stella Maris semakin memantapkan langkah untuk mewujudkan visi menjadi sebuah lemaga pendidikan terpercaya bagi masyarakat umum dengan misi mendampingi Mendampingi para siswa baik dalam kegiatan pembelajaran dengan kurikulum yang menjawab kebutuhan siswa maupun dengan kegiatan ekstrakurikuler yang mampu secara optimal mengakomodasi minat, bakat dan kreativitas siswa, Mengembangkan keunggulan akademik maupun non akademik, Mengoptimalkan kerjasama kemitraan dengan masyarakat stakeholder kami, Memberikan pelayanan yang berkualitas dan berdaya pikat dengan biaya pendidikan yang dapat dijangkau oleh masyarakat, Secara terus-menerus menjaga dan mengembangkan kedisiplinan, moralitas dan integritas kepribadian, dan pertumbuhan kompetensi profesional segenap anggota komunitas sekolah.

Login
Username

Password



Forgotten your password?
Request a new one here.
Shoutbox
You must login to post a message.

No messages have been posted.